May 29, 2014

Always, Laila. Duh...


Laila dan Pram.

Dua anak manusia yang beruntung dijatuhi cinta satu sama lain. Tapi dengan kisah yang tak biasa. Keduanya bersekolah di tempat yang sama. SMA 5 Bandung. Pram jatuh cinta pada Laila sejak pandangan pertama. Tak sia-sia, wanita yang dikiriminya puisi romantis itupun ternyata juga menaruh hati padanya.

Jadilah mereka berpacaran. Sejak SMA hingga kuliah. Kisah cinta mereka tak semulus pantat bayi. Tetap ada kerikil-kerikil. Misalnya kehadiran Bubung. Orang dari masa lalu Laila. Teman SMP Laila, yang naksir berat sama Laila, trus nembak, tapi ditolak oleh Laila.


Lalu LDR-an, karena Laila pergi beberapa waktu ke Kuala Lumpur. Tapi bukan itu saja. Hubungan Laila dan Pram ternyata harus berakhir!!! Nah looohh.. Padahal mereka udah pas banget. Kenapaaa...???? Bacalah sediri. Bweeeekk.. :p

-o00o-

Bentar ah, CingMut mo narik napas dulu. Masih kebayang-bayang endingnya niiihh... Tissu mana tissuuuu......

Jadi gini, CingMut suka deh novel ini. Serius. Sama cara mendongengnya Andi Eriawan. Emang deh ya, penulis cowok itu punya cara berkisah yang khas banget ya. Berasa banget cuek ala-ala cowoknya deh saat point of view penulis sebagai Pram. Tapi juga berasaaaa banget halus-halusnya cewek saat penulisnya menjelma menjadi tokoh Laila. Canggih ih Kak Andi mah. Ciyus nih CingMut mujinya.

Ngga ada deh itu kisah cinta menye-menye ala sinetron. Apalagi romantis-romantisan candle light dinner, atau romantis bergaya dongeng. Di sini semuanya wajar apa adanya. Hanya berkisah keseharian Laila dan Pram. Hal-hal yang biasa, tapi ajaibnya jadi nggak biasa di novel ini. 

Coba aja deh cek halaman 101 dan 102 novel ini. Ada satu kebiasaan yang dilakukan Laila dan Pram apabila Pram berkunjung ke rumah Laila. CingMut kutip ya buat kamu.

Denting lagu Happy Birthday terdengar mengalun saat Phrameswara (Pram) menekan bel di dekat pintu rumah. Tak lama kemudian, dilihatnya Laila membuka tirai kaca ruang tamu.

"Siapa kamu?" tanya Laila dengan bahasa bibir.

"Pram...," jawabnya dengan cara yang sama.
"Mau ketemu siapa?""Mau ketemu Laila.""Laila apa?""Laila yang cantik, baik, lucu, manis dan pinter."

Kemudian pintu pun terbuka. Begitulah ritual yang harus dilaluinya setiap Phrameswarra ke rumah itu.

CingMut baru sekali ini deh nemu model pacaran macam gitu. Lucu banget tauuuu... gemeeeesss... Baca bagian itu CingMut sampe nyengir-nyengir sendiri, mbayangin mereka berdua. Bego-bego lucu gitu deh.

Ngomong-ngomong soal bego-bego lucu, hampir sebagian besar dialog antara Pram dan Laila ini modelnya bego-bego lucu gitu. Tapi tetep maniiiiisss banget. Kak Andi ini bikin cerita cita manis yang renyah, gurih dan ngga bikin eneg. CingMut kaya lagi ngayalin makanan yaaahh...

Dan lagi ya, ketauan banget deh ini penulisnya jago banget bikin puisi. Lah itu puisi-puisinya Laila dan Pram itu bikin melting banget deh. Ini deh CingMut kasih contohnya yaaa...

Apa yang disampaikan langit yang merah
dan pelangi yang muncul
setelah hujan membuat bumi basah?

Apa yang dipesankan langit malam penuh bintang
dan semburat fajar
sebelum pagi menjelang?

Apa yang diutarakan langit siang yang biru
dan gumpalan awan yang bergerak
saat angin bergemuruh?
Aku sayang amu...

-Pram-

Tuh kaaaaaaaaann.. meleleh nggak?? Itu nggak cuman satu. Tapi ada banyak puisinya. Uwuwuwuwuuu... Bisa jadi bahan CingMut buat modusin kucing tetangga nih. Miaaww..


Oke, CingMut mau kasih paws aaahh...


CingMut cuman sanggup kasih tiga paws karenaaaaaaa... pertama, novel ini tipiiiiss.. cuman 240 halaman. CingMut nggak puas iiiihh. Rasanya masih pengen nyimak ceritanya Pram-Laila. Masih pengen tau obrolan bego-bego lucunya mereka. Tau-tau abis. Hih!

Keduaa.. karena, anu, CingMut bencik endingnya. Hiks.. jangan tanya gimana. Pokoknya benciiiikk.. huwaauwauwauwaaaaaaaaaaaa... :'(

No comments:

Post a Comment