August 14, 2013

Runaway Ran - Mia Arsjad

CingMut pernah baca novel kak Mia Arsjad sebelumnya yang judulnya Rona Hidup Rona dan Dil3ma. CingMut nggak kecewa. Makanya CingMut nggak ragu untuk beli Runaway Ran ini. See, sampulnya lucu kaaann...

Ceritanya tentang seorang gadis yang manja bernama Katrina yang terpaksa sibuk nyari pekerjaan sampingan untuk membiayai kesenangannya berbelanja. Tadinya sih, mau beli apa aja, Katrin tinggal nadahin tangan ke ortunya. Tapi sejak ayahnya pensiun dari pekerjaannya, kemewahan yang didapat Katrina harus berkurang. Katrin sih mestinya bersyukur, karena ayahnya tetap bersedia membiayai kuliah S2-nya. 

Akhirnya Katrina melamar menjadi asisten seorang komikus terkenal bernama J.F. Ran. Dan beruntung, Katrin diterima bekerja dengan gaji yang lumayan.



Ran ini walaupun baik, tapi galak dan dingin minta ampun. Nggak jarang Katrina menerima kata-kata ketus dari bosnya. Tapi cobaannya nggak berhenti di situ. Ternyata Ran pacaran sama perempuan bernama Viana yang amit-amit minta ampun cemburuannya. Dan tentu saja Katrina akhirnya terjebak masalah dengan Viana.

Tapi, pada suatu ketika, Katrina menyadari bahwa apa yang terlihat dari sikap Ran bukan diri Ran yang sebenarnya. Kenangan buruk di masa lalulah yang membuat Ran menjadi seperti itu. Kenyataan bahwa ibu Ran dirawat di Rumah Sakit Jiwa membuat Katrina bersimpati pada Ran.

Perlahan-lahan, hubungan Katrina dan Ran tidak sekaku sebelumnya. Katrina pun semakin banyak mengetahui rahasia hidup Ran. Termasuk niat Ran untuk membalas dendam demi penderitaan ibunya. Tapi, menurut Katrina, niat Ran untuk membalas dendam ini justru bisa memberi dampak yang buruk bagi hidup Ran sendiri. Lalu, apa Katrina tinggal diam menghadapi semua ini? Apakah Ran juga merasakan perasaan yang sama seperti yang dirasakan Katrina padanya? Meow.

-o00o-

Hwwwaaaa... di awal-awal novel ini bikin CingMut cengar-cengir saat membacanya. CingMut senang sama tokoh Katrina dan Ran. Katrina ini tipe-tipe cewek manja, doyan belanja, periang, tapi baik hati. Ran itu jutek-jutek lucu deh. Judes tapi ngangenin. 

Bahasa novel ini renyah khas anak muda banget. Ceplas-ceplos asyik. Pokoknya, saat membaca itu berasa banget karakter-karakter tokohnya. Bagaimana menyebalkannya tokoh yang bernama Viana itu dapet banget! Nggak bikin bosen. Dan lagi, CingMut selalu suka deh judul-judul di tiap babnya. 

Tapi makin ke tengah novel ini nggak cuma menghadirkan manis-anehnya hubungan Katrina dan Ran, tapi juga misteri besar kehidupan tokohnya. Tapi hebatnya, konflik berat yang menurut CingMut jadi tema besar novel ini, justru bisa dibungkus dengan rapihnya dengan kisah cinta Ran-Katrin, hubungan aneh Ran-Viana, dan persahabatan Katrin-Ina-Alya. 

Novel Runaway Ran ini ibarat kacang almond yang dbungkus dengan lapisan coklat. Manis akan terasa di lidah saat menggigit coklatnya. Tapi ketika dikunyah, BOOM, ada rasa kacang almond yang ngasih sensasi yang lebih seru. 



Yap! CingMut nggak ragu ngasih 4 paws untuk novel ini. Kak Mia Arsjad keren! 

No comments:

Post a Comment